• Ming. Apr 21st, 2024

Sejarah Berdirinya Negara Kamboja

ByWangseo

Feb 26, 2024

inthename99family.com – Sejarah Berdirinya Negara Kamboja di mulai dengan pembentukan kerajaan-kerajaan kecil pada zaman kuno di wilayah yang sekarang menjadi Kamboja. Berikut adalah garis waktu singkat dari sejarah Kamboja:

  1. Zaman Kuno:

    Pada abad ke-1 Masehi, Kerajaan Funan, salah satu kerajaan paling awal di kawasan tersebut, muncul di wilayah yang sekarang menjadi Kamboja. Funan di kenal karena perdagangan, kegiatan maritim, dan pengaruh budaya Hindu-Buddha. Baca Juga Berita Jepang

  2. Zaman Angkor:

    Pada abad ke-9 hingga ke-15 Masehi, Kerajaan Angkor berkembang menjadi kekuatan besar di kawasan tersebut. Angkor Wat, kuil Hindu-Buddha terbesar di dunia, di bangun pada abad ke-12 di bawah pemerintahan Raja Suryavarman II. Baca Juga Berita Akurat Saat Ini

  3. Pengaruh Hindu-Buddha:

    Selama periode ini, pengaruh Hindu-Buddha mencapai puncaknya di Kamboja, dan agama Buddha Theravada secara bertahap menggantikan Hinduisme sebagai agama dominan di kerajaan.

  4. Penjajahan:

    Pada abad ke-16, Kamboja jatuh di bawah pengaruh Kesultanan Utsmaniyah, dan kemudian berada di bawah kendali kolonial Prancis pada abad ke-19.

  5. Kemerdekaan:

    Kamboja memperoleh kemerdekaan dari Prancis pada tanggal 9 November 1953, di bawah kepemimpinan Raja Norodom Sihanouk.

  6. Kekerasan dan Konflik:

    Setelah kemerdekaan, Kamboja mengalami periode kekerasan dan konflik, termasuk Perang Vietnam dan Perang Saudara Kamboja yang berlangsung dari tahun 1960-an hingga pertengahan 1970-an.

  7. Pemerintahan Khmer Merah:

    Pada tahun 1975, rezim Khmer Merah yang di pimpin oleh Pol Pot merebut kekuasaan di Kamboja. Pemerintahan Khmer Merah dikenal karena kebijakan yang represif dan genosida yang menewaskan jutaan orang Kamboja.

  8. Pemulihan dan Pembangunan:

    Setelah jatuhnya rezim Khmer Merah pada tahun 1979, Kamboja mengalami periode pemulihan dan pembangunan. Pada tahun 1991, Kamboja menandatangani perjanjian perdamaian Paris yang mengakhiri konflik bersenjata dan membuka jalan bagi pemulihan ekonomi dan politik.

  9. Era Modern:

    Kamboja mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan pembangunan demokrasi pasca-konflik pada era modern. Meskipun masih dihadapkan pada beberapa tantangan, negara ini telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

Demikianlah gambaran singkat Sejarah Berdirinya Negara Kamboja, yang meliputi periode kuno, kolonial, konflik, dan pemulihan pasca-konflik hingga era modern saat ini.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *