• Ming. Apr 21st, 2024

Sejarah Berdirinya Negara Malaysia

ByWangseo

Feb 26, 2024

inthename99family.com – Sejarah Berdirinya Negara Malaysia melibatkan serangkaian peristiwa penting yang melibatkan proses politik, kolonialisme, dan kemerdekaan. Berikut adalah ringkasan Sejarah Berdirinya Negara Malaysia :

  1. Penjajahan Kolonial:

    Sebagian besar wilayah Malaysia modern telah menjadi bagian dari berbagai kerajaan Melayu sepanjang sejarah, tetapi pada abad ke-15, wilayah-wilayah tersebut mulai di kuasai oleh bangsa-bangsa Eropa. Pada abad ke-18, Inggris menjadi penguasa utama semenanjung Malaya, sementara wilayah Borneo Utara di ambil alih oleh Perusahaan Hindia Timur Inggris. Singapura menjadi koloni Inggris pada abad ke-19. Baca Juga Beragam Berita

  2. Pembentukan Federasi Malaya:

    Pada tahun 1948, Federasi Malaya didirikan sebagai sebuah entitas politik oleh pemerintah kolonial Inggris, yang mencakup sembilan negara bagian di semenanjung Malaya. Federasi ini dijadikan jalan menuju kemerdekaan yang di janjikan. Baca Juga Suku Indonesia

  3. Perjuangan Kemerdekaan:

    Perjuangan untuk kemerdekaan Malaysia terutama dipimpin oleh gerakan nasionalis di semenanjung Malaya, yang dipimpin oleh tokoh-tokoh seperti Tunku Abdul Rahman. Gerakan ini menuntut kemerdekaan penuh dari penjajahan kolonial Inggris.

  4. Kemerdekaan:

    Pada 31 Agustus 1957, Federasi Malaya memperoleh kemerdekaan dari Inggris dan menjadi negara merdeka pertama di wilayah Malaya. Tunku Abdul Rahman kemudian menjadi perdana menteri pertama negara ini.

  5. Pembentukan Malaysia:

    Pada tahun 1963, Federasi Malaya bergabung dengan wilayah Borneo Utara (yang sekarang menjadi Sabah), Sarawak, dan Singapura untuk membentuk negara Malaysia yang baru. Namun, Singapura keluar dari federasi hanya dua tahun setelah bergabung karena perselisihan politik dengan pemerintah Malaysia.

  6. Kemerdekaan dan Pembangunan:

    Malaysia terus berkembang setelah mendapatkan kemerdekaannya, meskipun menghadapi tantangan seperti konflik etnis dan agama serta masalah ekonomi. Negara ini telah berhasil mencapai kemajuan pesat dalam bidang ekonomi, pendidikan, infrastruktur, dan lainnya.

Sejak kemerdekaannya, Malaysia telah menjadi negara yang makmur di Asia Tenggara dengan ekonomi yang kuat dan keragaman budaya yang kaya.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *