• Ming. Apr 21st, 2024

Ekspedisi Penjelajahan Dunia oleh Ferdinand Magellan

ByWangseo

Mar 25, 2024

inthename99family.com – Ekspedisi Penjelajahan Dunia oleh Ferdinand Magellan adalah salah satu peristiwa sejarah yang sangat signifikan. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Ekspedisi Penjelajahan Dunia oleh Ferdinand Magellan :

  1. Latar Belakang:

    Pada awal abad ke-16, bangsa-bangsa Eropa bersaing untuk mencari rute perdagangan baru ke Asia, yang kaya akan rempah-rempah dan barang-barang mewah lainnya. Rute yang saat itu paling umum adalah melalui Mediterania dan Timur Tengah, namun rute ini mahal dan berisiko tinggi karena di kendalikan oleh pedagang-pedagang Muslim dan Venesia. Baca Juga Suku Filipina

  2. Tujuan:

    Ferdinand Magellan, seorang penjelajah dan navigator asal Portugal yang bekerja untuk Spanyol, mengusulkan untuk mencari rute alternatif ke Asia dengan berlayar ke barat, melintasi Samudra Atlantik dan menemukan jalur laut ke sebelah barat Amerika Selatan. Dari sana, dia berencana untuk mencari jalur laut yang memungkinkan akses langsung ke Kepulauan Maluku di Asia Tenggara, yang merupakan sumber rempah-rempah yang sangat di inginkan. Baca Juga Bebas Narkoba

  3. Perjalanan:

    Pada tahun 1519, Magellan berlayar dari Spanyol dengan lima kapal dan sekitar 270 awak kapal. Setelah berlayar melintasi Samudra Atlantik, mereka mencapai ujung selatan Amerika Selatan dan memasuki Selat Magellan, yang kemudian di namai menurut namanya. Mereka melanjutkan perjalanan mereka ke barat, melintasi Pasifik, dan mencapai kepulauan Filipina.

  4. Kematian Magellan:

    Meskipun Magellan berhasil mencapai kepulauan Filipina pada tahun 1521, dia tewas dalam pertempuran melawan suku lokal di Pulau Mactan. Setelah kematiannya, salah satu kapal ekspedisi tersebut, yang di pimpin oleh Juan Sebastián Elcano, berhasil menyelesaikan perjalanan keliling dunia dan kembali ke Spanyol pada tahun 1522.

  5. Dampak:

    Ekspedisi Magellan membuka jalur laut baru ke Asia, membuktikan bahwa Bumi bulat dan memberikan bukti pertama tentang ukuran samudra dunia. Meskipun tidak berhasil dalam mencapai tujuannya secara pribadi, ekspedisi ini menginspirasi penjelajahan lebih lanjut dan membuka jalan bagi perdagangan global yang lebih luas antara Eropa, Amerika, dan Asia.

Ekspedisi Penjelajahan Dunia oleh Ferdinand Magellan menjadi salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah penjelajahan manusia, dan meninggalkan warisan yang berpengaruh dalam navigasi dan penemuan geografis.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *