• Sen. Mei 20th, 2024

Daftar Negara yang Terlibat Perang Dingin

ByWangseo

Feb 16, 2024

inthename99family.com – Berikut adalah beberapa Daftar Negara yang Terlibat Perang Dingin :

  1. Amerika Serikat:

    Sebagai pemimpin blok Barat, Amerika Serikat memainkan peran sentral dalam Perang Dingin, baik secara politik, ekonomi, maupun militer. Mereka berupaya untuk menahan ekspansi komunisme, terutama di Eropa Timur dan Asia. Baca Juga Perekonomian Dunia Hari Ini

  2. Uni Soviet:

    Uni Soviet adalah pemimpin blok Timur dalam Perang Dingin. Mereka memainkan peran penting dalam mendukung rezim komunis dan gerakan revolusioner di seluruh dunia, serta menentang kepentingan Amerika Serikat. Baca Juga Fakta Menarik Dunia

  3. Jerman:

    Jerman menjadi salah satu titik fokus perpecahan antara blok Barat dan blok Timur, dengan Jerman Timur yang merupakan bagian dari blok komunis dan Jerman Barat yang merupakan anggota NATO dan bersekutu dengan Amerika Serikat.

  4. Korea:

    Perang Korea (1950-1953) adalah salah satu konflik terbesar selama Perang Dingin, dengan Korea Utara yang di dukung oleh Uni Soviet dan Tiongkok, sedangkan Korea Selatan di dukung oleh Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya.

  5. Vietnam:

    Perang Vietnam (1955-1975) merupakan konflik panjang yang terjadi antara rezim komunis di Vietnam Utara yang di dukung oleh Uni Soviet dan Tiongkok, melawan Vietnam Selatan yang di dukung oleh Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya.

  6. Kuba:

    Krisis Rudal Kuba pada tahun 1962 menjadi salah satu titik puncak ketegangan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, yang hampir membawa kedua negara ke konflik nuklir.

  7. Afghanistan:

    Perang Soviet-Afghanistan (1979-1989) adalah konflik antara pemerintah komunis Afghanistan yang di dukung oleh Uni Soviet melawan gerakan mujahidin yang di dukung oleh Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya.

Ini hanya beberapa contoh negara yang terlibat secara signifikan dalam Perang Dingin.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *