• Ming. Apr 21st, 2024

Fakta Menarik Suku Bontoc Filipina

ByWangseo

Feb 11, 2024

inthename99family.com – Berikut adalah beberapa Fakta Menarik Suku Bontoc Filipina :

  1. Sistem Penguburan Hanging Coffins:

    Salah satu ciri khas suku Bontoc adalah praktik penguburan menggunakan peti mati yang juga di gantung di tebing-tebing curam. Ini merupakan tradisi kuno yang juga di wariskan secara turun-temurun dan di anggap sebagai cara untuk menghormati roh-roh leluhur mereka. Baca Juga Suku Kamboja

  2. Seni Ukir Kayu:

    Suku Bontoc terampil dalam seni ukir kayu, yang juga di gunakan untuk membuat berbagai barang seperti peralatan rumah tangga, hiasan, dan alat musik tradisional. Baca Juga Olahraga Extreme

  3. Bahay na Bato:

    Rumah panggung tradisional suku Bontoc di sebut “bahay na bato” yang juga secara harfiah berarti “rumah batu”. Rumah ini di bangun di atas tiang-tiang kayu dan memiliki atap jerami atau daun rumbia. Mereka di rancang untuk melindungi dari banjir dan binatang buas.

  4. Sistem Pertanian Berbukit:

    Suku Bontoc mengembangkan sistem pertanian berbukit yang juga kompleks di pegunungan Cordillera. Mereka menggunakan teras-teras atau dinding batu untuk menanam berbagai tanaman penting seperti beras, jagung, dan ubi.

  5. Festival dan Upacara Adat:

    Suku Bontoc merayakan berbagai festival dan upacara adat yang juga mempertahankan tradisi dan budaya mereka. Salah satu contohnya adalah Imbayah Festival, yang merayakan kesuburan dan panen yang melibatkan tarian tradisional dan pertunjukan seni.

  6. Sistem Sosial Tradisional:

    Suku Bontoc memiliki sistem sosial tradisional yang berdasarkan pada garis keturunan matrilineal. Hal ini berarti keturunan dan warisan di turunkan melalui jalur ibu.

  7. Pencapaian di Bidang Pendidikan:

    Meskipun masih ada tantangan aksesibilitas terhadap pendidikan di daerah pedesaan, beberapa anggota suku Bontoc telah mencapai kesuksesan di bidang pendidikan, baik di Filipina maupun di luar negeri, dan mereka sering menjadi duta budaya untuk komunitas mereka.

Fakta Menarik Suku Bontoc Filipina ini menunjukkan kekayaan budaya dan sejarah yang di miliki oleh suku Bontoc di Filipina.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *