• Kam. Mei 23rd, 2024

Festival Holi India

ByWangseo

Mei 7, 2024

inthename99family.com –¬† Festival Holi, juga di kenal sebagai Festival Warna atau Festival Musim Semi, adalah salah satu perayaan terbesar dan paling berwarna di India. Festival ini di rayakan oleh masyarakat Hindu di seluruh dunia untuk menyambut kedatangan musim semi dan mengusir kegelapan musim dingin. Holi biasanya jatuh pada bulan Purnima (bulan purnama) dalam kalender Hindu, yang biasanya bertepatan dengan bulan Maret.

Holi adalah perayaan yang meriah, di mana orang-orang berkumpul bersama-sama untuk merayakan kegembiraan, persahabatan, dan kebersamaan. Persiapan untuk Holi di mulai beberapa hari sebelumnya, di mana orang-orang mulai membeli bubuk warna yang berbeda dan air yang di gunakan untuk memercikkan warna-warna tersebut ke teman-teman dan keluarga. Baca juga sub artikel Sekumpulan Berita Terupdate 

Puncak perayaan Holi adalah pada hari purnama di pagi hari, ketika orang-orang berkumpul di tempat terbuka. Biasanya di taman atau lapangan, mengenakan pakaian yang nyaman dan siap untuk bersenang-senang. Acara di mulai dengan puja (upacara keagamaan) di kuil atau di rumah, di mana orang-orang berdoa untuk keberuntungan dan kemakmuran. Setelah itu, mereka mulai menyiramkan warna satu sama lain dan bertukar tawa dan keceriaan.

Salah satu aspek paling menarik dari Holi adalah penggunaan bubuk warna yang cerah dan berbagai alat untuk memercikkan air berwarna. Orang-orang memakai pakaian lusuh atau putih agar warna-warna yang dikenakan terlihat lebih jelas. Tidak ada yang luput dari serbuan warna, bahkan orang-orang yang berada di rumah atau di tempat kerja pun ikut serta dalam perayaan ini. Baca juga sub artikel Cinta Berita Menarik 

Selain memercikkan warna, makanan juga merupakan bagian penting dari perayaan Holi. Berbagai hidangan khas di sajikan, termasuk mithai (manisan tradisional), samosa, puri, pakora, dan thandai, minuman segar yang terbuat dari susu, kacang kenari, dan rempah-rempah. Makanan ini di anggap sebagai simbol kegembiraan dan kemakmuran.

Selain sebagai perayaan kebersamaan, Holi juga memiliki makna sosial dan budaya yang dalam. Festival ini mempromosikan persatuan dan persahabatan di antara masyarakat, menghapus perbedaan sosial dan ekonomi, serta memupuk rasa solidaritas dan persatuan di tengah-tengah keberagaman India.

Namun, seperti festival-festival lainnya, Holi juga menghadapi tantangan dalam menjaga aspek keamanan dan lingkungan. Beberapa masalah yang sering muncul adalah penggunaan bahan kimia berbahaya dalam bubuk warna, limbah plastik dari botol air, dan masalah kebersihan karena sisa-sisa makanan dan sampah.

Meskipun demikian, Holi tetap menjadi salah satu festival yang paling di nantikan dan paling di rindukan oleh masyarakat India dan di seluruh dunia. Ini adalah waktu yang menyenangkan dan ceria di mana orang-orang bisa melupakan masalah sehari-hari dan menikmati kegembiraan bersama-sama. Holi adalah perayaan warna, kebahagiaan, dan persaudaraan yang mencerminkan kekayaan dan keberagaman budaya India.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *