• Sel. Jun 25th, 2024

Suku Cebuano Filipina

ByWangseo

Mei 18, 2024

inthename99family.com – Suku Cebuano Filipina. Filipina adalah negara yang kaya akan keragaman etnis dan budaya. Ada lebih dari 175 suku bangsa di Filipina, masing-masing dengan bahasa, tradisi, dan budaya mereka sendiri. Beberapa suku bangsa yang paling terkenal dan berpengaruh di Filipina termasuk:

  1. Tagalog: Suku bangsa Tagalog adalah salah satu yang terbesar di Filipina dan dominan di wilayah Metro Manila dan sebagian besar Luzon Tengah. Bahasa Tagalog adalah bahasa resmi Filipina dan merupakan dasar dari bahasa nasional, Filipino.
  2. Cebuano: Suku bangsa Cebuano adalah salah satu yang terbesar di Filipina dan mendominasi wilayah Visayas, terutama di provinsi-provinsi seperti Cebu, Bohol, dan Negros. Bahasa Cebuano adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di Filipina setelah Tagalog.
  3. Ilocano: Suku bangsa Ilocano mendiami utara Luzon, terutama di provinsi-provinsi seperti Pangasinan, La Union, Ilocos Sur, dan Ilocos Norte. Bahasa Ilocano juga salah satu bahasa utama di Filipina. Baca juga sub artikel Macam Macam Berita Saat Ini
  4. Bicolano: Suku bangsa Bicolano mendiami wilayah Bicol di selatan Luzon. Mereka memiliki budaya yang kaya dan bahasa Bicolano yang unik.
  5. Igorot: Suku bangsa Igorot terutama mendiami pegunungan Cordillera di Luzon Utara. Mereka terkenal karena budaya dan tradisi mereka yang unik, termasuk tradisi pertanian teras dan rumah-rumah gantung.
  6. Moro: Suku bangsa Moro adalah kelompok etnis Muslim yang mendiami wilayah selatan Filipina, terutama di Mindanao. Mereka terdiri dari berbagai subkelompok seperti Maranao, Maguindanao, Tausug, dan lain-lain.

Suku Cebuano Filipina. Selain suku bangsa di atas, masih banyak suku bangsa lainnya di Filipina yang memiliki warisan budaya yang kaya dan unik. Keragaman etnis dan budaya ini memperkaya warisan Filipina dan merupakan salah satu aspek yang membedakan negara ini dari yang lain di Asia Tenggara.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *