• Ming. Apr 21st, 2024

Fakta Menarik Suku Tengger Indonesia

ByWangseo

Feb 12, 2024

inthename99family.com – Terdapat beberapa Fakta Menariik Suku Tengger Indonesia :

  1. Keberadaan di Kawasan Gunung Bromo:

    Suku Tengger merupakan satu-satunya kelompok etnis yang juga tinggal di sekitar kawasan Gunung Bromo, salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia. Mereka hidup di desa-desa di lereng gunung, menciptakan hubungan unik antara kehidupan sehari-hari mereka dengan alam yang juga menakjubkan. Baca Juga Suku Thailand

  2. Yadnya Kasada:

    Upacara Yadnya Kasada adalah salah satu peristiwa budaya paling menarik yang juga terkait dengan Suku Tengger. Setiap tahun, ribuan orang berkumpul di lereng Gunung Bromo untuk menyaksikan ritual persembahan kepada Sang Hyang Widhi. Persembahan-persembahan tersebut, termasuk hasil pertanian dan hewan ternak, di lemparkan ke kawah Gunung Bromo sebagai bentuk penghormatan. Baca Juga Kumpulan Berita Seru Dan Menarik

  3. Kebudayaan dan Kepercayaan Unik:

    Suku Tengger memadukan elemen-elemen kepercayaan Hindu dan animisme dalam praktik keagamaan dan kebudayaan mereka. Mereka menghormati gunung-gunung sebagai tempat-tempat suci dan memegang keyakinan bahwa gunung-gunung tersebut adalah tempat tinggal para dewa.

  4. Bertani di Lereng Gunung:

    Suku Tengger memiliki keahlian khusus dalam bertani di lereng gunung yang juga curam. Meskipun medan yang juga sulit, mereka mampu menghasilkan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang juga berkualitas tinggi. Kehidupan pertanian ini menjadi bagian integral dari keberadaan mereka di kawasan Gunung Bromo.

  5. Kerajinan Tangan Tradisional:

    Selain bertani, Suku Tengger juga terampil dalam pembuatan kerajinan tangan tradisional, seperti anyaman bambu dan kerajinan kayu. Produk-produk ini sering menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan bagi komunitas mereka.

  6. Penerimaan Wisatawan:

    Meskipun menjaga keaslian budaya mereka, Suku Tengger terbuka terhadap kunjungan wisatawan yang datang untuk melihat keindahan alam dan tradisi mereka. Mereka menjalankan berbagai usaha pariwisata, seperti homestay dan penjualan souvenir, untuk mendukung kehidupan ekonomi mereka.

Fakta Menariik Suku Tengger Indonesia ini mencerminkan kekayaan budaya dan keberagaman yang diĀ  miliki oleh Suku Tengger, serta bagaimana mereka mempertahankan warisan leluhur mereka sambil beradaptasi dengan perubahan zaman.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *